Berbagai prinsip dalam
mengembangkan atau menyusun RPP adalah sebagai berikut.
1.
Setiap
RPP harus secara utuh
memuat kompetensi dasar
sikap spiritual (KD dari KI-1), sosial
(KD
dari
KI-2),
pengetahuan (KD dari KI-3), dan keterampilan (KD dari KI-4).
2.
Satu RPP dilaksanakan dalam satu kali pertemuan
(satu hari).
3.
Memperhatikan perbedaan individu peserta didik.
RPP
disusun dengan memperhatikan perbedaan kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat,
potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar
belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
4.
Berpusat pada peserta didik.
Proses pembelajaran dirancang
dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi,
minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar,
menggunakan pendekatan saintifik meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
5.
Berbasis konteks.
Proses
pembelajaran yang menjadikan lingkungan
sekitarnya sebagai sumber belajar.
6.
Berorientasi kekinian.
Pembelajaran
yang berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan nilai-nilai kehidupan masa kini.
7.
Mengembangkan kemandirian
belajar.
Pembelajaran yang memfasilitasi peserta
didik untuk belajar secara
mandiri.
8.
Memberikan umpan balik dan
tindak lanjut pembelajaran.
RPP memuat rancangan
program pemberian umpan balik
positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
9.
Memiliki keterkaitan dan
keterpaduan antarkompetensi dan/atau antarmuatan.
RPP
disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI,
KD, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran,
penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
10. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
RPP disusun dengan mempertimbangkan
penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan
situasi dan kondisi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar