Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Sekolah
Dasar dilakukan melalui pembelajaran dengan pendekatan tematik terpadu
dari Kelas I sampai Kelas VI. Pembelajaran
tematik terpadu merupakan pendekatan
pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke
dalam berbagai tema.
Dalam pelaksanaannya guru perlu
memperhatikan prinsip-prinsip pembelajaran sebagai
berikut:
1.
Dari peserta didik diberi tahu
menuju peserta didik mencari tahu;
2.
Dari guru sebagai satu-satunya sumber
belajar menjadi belajar berbasis aneka sumber belajar;
3.
Dari pendekatan tekstual menuju proses
sebagai penguatan penggunaan pendekatan ilmiah;
4.
Dari pembelajaran berbasis konten menuju
pembelajaran berbasis kompetensi;
5.
Dari pembelajaran parsial menuju
pembelajaran terpadu;
6.
Dari pembelajaran yang menekankan jawaban
tunggal menuju pembelajaran dengan jawaban yang
kebenarannya multi dimensi;
7.
Dari pembelajaran verbalisme menuju
keterampilan aplikatif;
8.
Peningkatan dan keseimbangan antara keterampilan
fisikal (hardskills) dan keterampilan
mental (softskills);
9.
Pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan
dan pemberdayaan peserta didik sebagai
pembelajar sepanjang hayat;
10. Pembelajaran yang
menerapkan nilai-nilai dengan
memberi keteladanan (ing ngarso
sung tulodo), membangun kemauan (ing
madyo mangun karso), dan
mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran
(tut wuri handayani);
11. Pembelajaran berlangsung di
rumah, di sekolah,
dan di masyarakat;
12. Pembelajaran
yang menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru, siapa
saja adalah peserta didik, dan di mana saja adalah kelas;
13. Pemanfaatan teknologi informasi dan
komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran; dan
14. Pengakuan atas perbedaan individual dan
latar belakang budaya peserta didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar