1. BAHASA INDONESIA SD/MI
NO
|
Materi
|
Indikator
|
|
A
|
Membaca
|
|
|
|
Membaca
Non sastra
|
1.
Menentukan kalimat utama paragraf tentang makhluk
hidup atau lingkungan
2.
Menentukan ide pokok paragraf
3.
Menentukan simpulan paragraf
4.
Menentukan pernyataan sesuai isi paragraf
5.
Menentukan kalimat tanya sesuai isi paragraf
6.
Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan dengan
kata tanya:
·
bagaimana
·
mengapa
7.
Memprediksi kejadian berkaitan dengan isi bacaan
8.
Mengambil informasi dari isi teks sederhana
untuk melengkapi tabel
9.
Memaknai kata/istilah dalam paragraf
10.
Menentukan antonim/sinonim dalam kalimat
11.
Menetukan topik teks percakapan
12.
Menentukan kalimat sesuai isi iklan
13.
Menentukan isi paragraf laporan
14.
Menanggapi isi paragraf instruksi
15.
Menentukan makna kata dalam paragraf instruksi
16.
Menentukan pernyataan sesuai dengan isi paragraf
instruksi
17.
Menentukan pernyataan sesuai dengan isi teks
penjelasan (teks prosedur)
18.
Menentukan isi pidato
19.
Mengidentifikasi jenis-jenis paragraf
20.
Menentukan nomor telepon ke suatu tujuan berdasarkan
beberapa kode telepon wilayah dan nomor telepon beberapa kota pada ilustrasi
21.
Menentukan persamaan/perbedaan isi teks
|
|
2
|
Membaca
sastra
|
22.
Menentukan pesan pantun
23.
Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita dengan
kata tanya:
·
bagaimana
·
mengapa
24.
Menentukan watak tokoh cerita
25.
Menentukan amanat cerita
26.
Mentukan latar cerita
27.
Menjelaskan sifat tokoh utama dalam cerita
28.
Menentukan tema cerita
29.
Menentukan maksud pernyataan pada bagian cerita
tertentu
30.
Menentukan keteladanan tokoh cerita
31.
Memprediksi kejadian berkaitan dengan isi cerita
32.
Menentukan nilai moral positif dalam cerita
33.
Menentukan kesimpulan cerita
34.
Menentukan maksud syair
35.
Menentukan makna kata kias pada syair
|
|
B
|
Menulis
|
||
3
|
Menulis terbatas
|
36.
Melengkapi teks percakapan
37.
Menyusun kalimat-kalimat petunjuk penggunaan
sesuatu
38.
Melengkapi teks petunjuk melakukan sesuatu
39.
Menyusun kalimat-kalimat cara membuat sesuatu
40.
Melengkapi paragraf dengan kalimat
41.
Melengkapi paragraf dengan istilah
42.
Melengkapi pantun
43.
Melengkapi paragraf dengan kata baku tentang
hemat energi
44.
Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf
padu
45.
Melengkapi iklan dengan kata/kalimat tentang
hemat energi
46.
Menyusun kalimat iklan yang efektif sesuai dengan
gambar
47.
Melengkapi paragraf laporan dengan kalimat
48.
Mendiskripsikan gambar mahluk hidup/ lingkungan
49.
Menyusun kalimat-kalimat hasil pengamatan
menjadi paragraf laporan
50.
Melengkapi teks pidato persuasif dengan kalimat
51.
Menggunakan ungkapan dalam kalimat
52.
Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf
narasi
53.
Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf
deskripsi
|
|
4
|
Menyunting
kata/istilah,
frase, kalimat,
paragraf, ejaan,
dan tanda
baca
|
54.
Menunjukkan kesalahan penggunaan kata pada
paragraf
55.
Menggunakan ejaan sesuai kaidah
56.
Menggunakan tanda baca sesuai kaidah
57.
Memperbaiki kesalahan ejaan pada kalimat/paragraf
58.
Memperbaiki kesalahan tanda baca pada kalimat
59.
Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/ kata
60.
Memperbaiki penggunaan kata bentukan/ berimbuhan
pada kalimat
61.
Memperbaiki tata kalimat pada paragraf
|
|
2. MATEMATIKA
NO
|
Materi
|
Indikator
|
|
A
|
BILANGAN
|
||
|
Operasi hitung
bilangan
|
1.
Menentukan hasil operasi penjumlahan dan
pengurangan bilangan cacah (minimal tiga angka).
2.
Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian
pada bilangan cacah atau sebaliknya.
3.
Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan
dan pengurangan bilangan bulat (positif dan negatif)
4.
Menentukan hasil operasi hitung perkalian
dan pembagian bilangan bulat (positif dan negatif)
5.
Menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan
operasi hitung bilangan bulat tentang energi.
|
|
2.
|
FPB dan KPK
|
6.
Menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan
dua angka dalam bentuk faktorisasi.
7.
Menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan
dua angka.
8.
Menyelesaikan masalah penalaran yang berkaitan
dengan FPB atau KPK.
|
|
3
|
Pangkat dan akar
bilangan
|
9.
Menghitung operasi bilangan suatu bilangan
pangkat
10.
Menentukan perhitungan bilangan perpangkatan
tiga
11.
Menghitung operasi bilangan suatu bilangan
akar
12. Menentukan
hasil akar pangkat tiga.
|
|
4
|
Pecahan
|
13.
Menyederhanakan pecahan
14.
Mengurutkan berbagai bentuk pecahan
15.
Menentukan hasil operasi penjumlahan atau
pengurangan bilangan pecahan
16.
Menentukan hasil operasi perkalian atau pembagian
bilangan pecahan
17.
Menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan
operasi hitung bilangan pecahan
18.
Mengubah pecahan menjadi bentuk persen atau
desimal atau sebaliknya
19.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
berbagai bentuk pecahan.
20.
Menyelesaikan masalah tentang perbandingan
senilai yang bertema makhluk hidup.
21.
Menyelesaikan soal tentang skala yang berkaitan
dengan tema makhluk hidup.
|
|
B.
|
GEOMETRI
DAN PENGUKURAN
|
||
5
|
Satuan
ukuran
|
22.
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi
hitung konversi satuan panjang yang berbeda.
23.
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi
hitung konversi satuan berat yang berbeda.
24.
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi
hitung konversi satuan waktu yang berbeda.
25.
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi
hitung konversi satuan kuantitas yang berbeda.
26.
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi
hitung konversi satuan luas yang berbeda.
27.
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi
hitung konversi satuan volume yang berbeda.
28.
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan jarak,
waktu, dan kecepatan.
29.
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan debit.
|
|
6
|
Sifat dan unsur
bangun
datar (segitiga,
segiempat,
lingkaran)
|
30.
Menentukan bangun datar berdasarkan sifatnya.
31.
Menentukan kesebangunan pada bangun datar.
32.
Menentukan keliling segiempat
33.
Menentukan keliling lingkaran
34.
Menentukan luas segitiga atau segiempat
35.
Menentukan luas lingkaran.
36.
Menentukan luas bagian lingkaran (setengah,
seperempat atau tigaperempat)
37.
Menentukan luas atau keliling gabungan dua
bangun datar
38.
Menyelesaikan masalah penalaran yang berkaitan
dengan bangun datar
|
|
7
|
Sifat dan unsur
bangun
ruang
(kubus, balok,
tabung)
|
39.
Menentukan bangun ruang berdasarkan sifatnya.
40.
Menentukan luas permukaan kubus atau balok.
41.
Menentukan volume tabung.
42.
Menentukan jaring-jaring dari salah satu bangun
ruang.
43.
Menentukan volume gabungan dua bangun
ruang.
44.
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan
bangun ruang.
|
|
8
|
Bidang dan letak
Koordinat
|
45.
Menentukan letak titik koodinat
46.
Menentukan salah satu koordinat bangun datar
yang belum diketahui.
|
|
9
|
Simetri dan
pencerminan
|
47.
Menentukan banyaknya sumbu simetri pada
salah satu bangun datar.
48.
Menentukan hasil pencerminan bangun datar
|
|
C.
|
PENGOLAHAN
DATA
|
||
10
|
Mengumpulkan
dan
mengolah data
|
49.
Menyajikan data dalam bentuk tabel.
50.
Membaca data dalam bentuk tabel atau data
acak/random
|
|
11
|
Menyelesaikan
masalah
yang berkaitan
dengan data
|
51.
Menentukan diagram batang dari data yang
disajikan dalam bentuk tabel.
52.
Menentukan diagram lingkaran dari data yang
disajikan dalam bentuk tabel.
53.
Membaca data yang disajikan dalam bentuk
diagram batang.
54.
Membaca data yang disajikan dalam bentuk
diagram lingkaran
55.
Menentukan rata-rata hitung dari data yang
disajikan dalam bentuk diagram, tabel, atau data acak
56.
Menentukan modus dari data yang disajikan
dalam bentuk diagram, tabel, atau data acak.
57.
Menentukan median (data tengah) dari data
yang diberikan
58.
Menyelesaikan masalah bertema makhluk hidup
yang berkaitan dengan rata-rata.
59.
Menyelesaikan masalah bertema makhluk hidup
yang berkaitan dengan modus.
60.
Menafsirkan hasil pengolahan data berbentuk
diagram, tabel, atau data acak yang bertema makhluk hidup.
|
|
3. IPA SD/MI
NO
|
Materi
|
Indikator
|
|
A.
|
MAKHLUK
HIDUP DAN LINGKUNGANNYA
|
||
1
|
Ciri makhluk hidup
dan
penggolongan
hewan
|
1.
Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang
hidup di lingkungan tertentu.
2.
Menjelaskan fungsi bentuk luar tubuh hewan
yang merupakan ciri khusus dari hewan tersebut.
3.
Menentukan dasar pengelompokan hewan.
4.
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
yang disajikan dalam gambar.
5.
Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama
hewan dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabel.
|
|
2
|
Hubungan
antarmakhluk
hidup
dalam
ekosistem
|
6.
Mengidentifikasi rantai makanan pada ekosistem
tertentu.
7.
Menentukan organisme yang dapat menduduki
bagian pada rantai makanan yang tidak lengkap.
8.
Menentukan peran organisme tertentu dalam
suatu rantai makanan yang disajikan dalam gambar.
9.
Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem
tertentu bila salah satu komponen dalam rantai makanan punah atau berkembang
dengan pesat.
10.
Memberikan contoh hubungan yang erat antarmakhluk
hidup (simbiosis).
11.
Menjelaskan alasan terjadinya hubungan antarmakhluk
hidup pada suatu ekosistem berdasarkan ilustrasi contoh yang diberikan.
|
|
3
|
Perkembangbiakan
dan
penyesuaian
diri
makhluk hidup
|
12.
Menentukan cara perkembangbiakan tumbuhan
tertentu yang disajikan dalam gambar.
13.
Memberikan contoh tumbuhan yang dapat
dikembangbiakkan dengan cara vegetatif buatan/alami.
14.
Memberikan dua contoh hewan yang berkembang
biak dengan cara tertentu.
15.
Menentukan pasangan yang tepat antara jenis
tumbuhan/hewan dengan cara perkembangbiakannya yang disajikan dalam tabel.
16.
Mengidentifikasi cara hewan tertentu
menyesuaikan diri terhadap lingkungannya berdasarkan ilustrasi.
17.
Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan menyesuaikan
diri dengan cara tertentu.
18.
Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama
hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya.
|
|
4
|
Pelestarian
lingkungan
|
19.
Menjelaskan cara melestarikan lingkungan
berdasarkan kasus tentang kondisi lingkungan di suatu daerah.
20.
Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan.
21.
Menjelaskan akibat dari kegiatan manusia
yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan berdasarkan ilustrasi yang
disajikan.
22.
Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi,
abrasi, banjir, dll.
|
|
B.
|
STRUKTUR
DAN FUNGSI MAKHLUK HIDUP
|
||
5
|
Bagian tubuh
tumbuhan/hewan
dan
fungsinya
|
23.
Menjelaskan fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan.
24.
Menjelaskan manfaat bagian tubuh tumbuhan/hewan
tertentu bagi kehidupan manusia.
|
|
6
|
Daur hidup
beberapa
hewan
|
25.
Mengidentifikasi hewan yang mengalami daur
hidup seperti tampak pada gambar/ diagram.
26.
Menentukan salah satu tahapan daur hidup
hewan tertentu yang merugikan atau menguntungkan manusia berdasarkan
ilustrasi.
|
|
7
|
Rangka manusia
|
27.
Menentukan jenis sendi yang disajikan dalam
gambar.
28.
Menentukan arah gerak sendi yang disajikan
dalam gambar.
29.
Menjelaskan fungsi bagian rangka yang disajikan
dalam gambar.
|
|
8
|
Sistem organ pada
manusia
|
30.
Menjelaskan fungsi bagian indera pendengaran
yang ditunjuk dalam gambar.
31.
Menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk pada
gambar sistem pernapasan.
32.
Menentukan jenis penyakit yang disebabkan
adanya gangguan pada organ tertentu .
33.
Menjelaskan fungsi organ pada manusia.
|
|
C.
|
PENGOLAHAN
DATA
|
||
9
|
Benda
|
34.
Menentukan pasangan yang tepat antara benda
dan sifat-sifatnya dalam tabel.
35.
Menentukan pasangan yang tepat pada tabel
contoh kegiatan dan perubahan wujud benda yang terjadi.
36.
Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan
perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan).
|
|
D.
|
ENERGI
DAN PERUBAHANNYA
|
||
10
|
Gaya dan gerak
|
37.
Menyebutkan jenis gaya dalam kegiatan sehari-hari
berdasarkan gambar.
38.
Menyebutkan contoh kegiatan yang menunjukkan
gaya dapat mengubah gerak, arah , atau bentuk benda.
|
|
11
|
Bentuk energi dan
perubahannya
|
39.
Menentukan bentuk energi pada alat/ benda
saat digunakan berdasarkan gambar.
40.
Menentukan alat-alat yang mempunyai
perubahan energi yang sama dari beberapa gambar alat yang disajikan.
41.
Menunjukkan gambar benda atau kegiatan yang
memanfaatkan energi alternatif tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
42.
Menentukan cara menghemat energi berdasarkan
ilustrasi tentang kelangkaan energi.
|
|
12
|
Suhu dan kalor
|
43.
Menjelaskan penerapan kegiatan yang berkaitan
dengan pemuaian/penyusutan.
44.
Menyebutkan penggunaan benda berdasarkan
sifat hantaran panas.
45.
Menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor
panas.
46.
Menyebutkan contoh perpindahan panas dalam
kehidupan sehari- hari.
|
|
13
|
Bunyi dan cahaya
|
47.
Menyebutkan benda-benda yang dapat menyerap
bunyi untuk mencegah gaung.
48.
Menentukan alat musik yang dibunyikan dengan
cara tertentu (misal digesek, ditiup, dipukul, dipetik, digetarkan).
49.
Menentukan arah bayangan benda jika posisi
sumber cahaya diubah berdasarkan gambar.
50.
Menjelaskan sifat cahaya yang terjadi berdasarkan
ilustrasi suatu kegiatan/ gambar.
|
|
14
|
Listrik dan magnet
|
51.
Menentukan saklar-saklar yang harus diputus/disambung
sehingga beberapa lampu menyala/mati, bila diberikan gambar rangkaian listrik
yang terdiri atas beberapa lampu dan dua saklar.
52.
Menentukan cara membuat magnet berdasarkan
gambar.
|
|
E.
|
BUMI DAN
ALAM SEMESTA
|
||
15
|
Sumber daya alam
|
53.
Menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber
daya alam berdasarkan gambar.
54.
Menentukan beberapa sumber daya alam yang dapat
diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui.
55.
Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam
terhadap pelestarian lingkungan.
|
|
16
|
Daur air
|
56.
Menentukan tahapan daur air berdasarkan
gambar.
57.
Menjelaskan kegiatan manusia yang dapat
mempengaruhi daur air.
|
|
17.
|
Sistem tata surya
|
58.
Menjelaskan akibat gerakan bumi/ bulan
59.
Mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana
matahari/bulan.
60.
Menentukan nama planet yang ditunjuk pada
gambar sistem tata surya.
61.
Menentukan nama planet berdasarkan
ciri-cirinya.
62.
Menjelaskan dasar perhitungan kalender
masehi
atau Hijriah.
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar